English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Selasa, 01 Juni 2010

Langsing dgn cara Sedot Lemak (Liposuction )...berbahaya gak yahh ???

SeJaRah sedot lemak...

tindakan sedot lemak sudah dikenal dan popular sejak tahun 1980-an, namun karena pengetahuan kedokteran mengenai sedot lemak waktu itu belum ada standard baku dan belum tersedianya peralatan sedot lemak yang canggih, komplikasi dan efek sampingnya sangat tinggi. Sehingga waktu itu sebagian dokter menolak tindakan tersebut dan menyebabkan upaya sedot lemak mulai tidak populer...

Namun, Sejak 1987, mulai dibakukan standard tindakan penyedotan lemak, dan semakin canggihnya peralatan sedot lemak sehingga semakin jarangnya terjadi komplikasi tindakan sedot lemak di Amerika Serikat.

Pada penelitian di Amerika Serikat tahun 1990, dari 9478 kasus sedot lemak / Lipo Suction yg dilakukan oleh 55 dokter kulit di Amerika Serikat, hanya 0,05% mengalami komplikasi perdarahan dan 0,02% menderita infeksi.

Tindakan ini semakin aman setelah didapatkan cairan khusus (cairan Klein atau cairan Liliis) yang digunakan untuk melunakkan/menggembungkan lemak padat yang ada dalam tubuh kita, sehingga tindakan sedot lemak menjadi semakin aman dan mudah.

Lemak yg disedot itu adalah....



Lemak adalah salah satu bagian padat dari tubuh yang berasal dari kelebihan kalori ditubuh manusia. Lemak akan disimpan terutama pada bagian bagian yang kurang bergerak, namun dapat dibakar kembali oleh tubuh kita bila tubuh kita mengalami kekurangan kalori. Selain sebagai cadangan kalori, lemak juga berfungsi untuk menahan pelepasan panas tubuh, sehingga pada musim hujan/musim dingin, badan tidak akan kedinginan.

Takut Gemuk ????



Ingat !! Kegemukan terjadi akibat ulah manusia itu sendiri akibat input kalori yang berlebihan. Sebenarnya sel lemak pada setiap manusia tidak akan bertambah, namun volume sel lemak yang dapat membesar terus bila terdapat kelebihan kalori terus menerus yang disimpan dalam sel lemak. Pada beberapa kasus, terdapat pengaruh genetik/keturunan sehingga terdapat sel lemak yang berlebih. Pada orang orang yang mempunyai faktor genetik, upaya diet dan olahraga tak akan membawa dampak drastis terhadap bentuk tubuh orang tersebut.

Ingin Sedot Lemak ???


Ingat !! Sedot lemak bertujuan untuk memperbaiki bentuk tubuh sesorang (pria/wanita) sehingga proporsional, dan bukan untuk menurunkan berat badan.

Pikir-Pikir dulu sebelum melakukan !!!

sedot lemak tak akan mengurangkan berat badan sebab lemak yg dibuang adalah lemak yg ada dibawah kulit dalam jumlah terbatas (2000 cc – 5000 cc). Selain itu biaya tindakan cukup besar sekitar 10-16 juta karena sebagian besar peralatan dan obatnya masih harus diimpor. Salah satu peralatannya adalah canule (alat sedot lemak) yang berukuran 2 mm hingga 6 mm dan hanya dapat dipakai sekali saja. Canule ini dihubungkan dengan selang khusus ke mesin khusus untuk menyedot lemak.

Syarat syarat yang harus dipenuhi pasien adalah :

-sehat jasmaniah dan rohaniah
sehingga diperlukan pemeriksaan darah, pemeriksaan jasmani oleh para ahlinya seperti pemeriksaan jantung, pemeriksaan paru paru, pemeriksaan ahli penyakit dalam, pemeriksaan darah, kencing dan kotoran.

Pasien yang telah dinyatakan sehat dapat menjalani tindakan sedot lemak baik dirumah sakit maupun di klinik khusus. Tindakan dirumah sakit dapat dilakukan dengan bius umum, namun setelah tindakan bius umum perlu perawatan sekitar 2-3 hari hingga penderita bisa buang angin, sedangkan tindakan di klinik dilakukan dengan bius lokal sehingga pasien dapat pulang setelah istirahat 2-3 jam. Tentunya luas tindakan sedot lemak juga dipengaruhi oleh metode pembiusan. Dengan bius umum daerah yang akan disedot lemaknya akan lebih luas, lebih banyak dan lebih dalam dibandingkan bila memakai bius lokal.

Gimana caranya yahh ???




Tindakan sedot lemak dapat dilaksanakan pada daerah luas dengan luka pada kulit sangat kecil (2 mm hingga 6 mm) dan luka tersebut disembunyikan pada daerah khusus yang terlindung.

Setiap kali penyedotan akan dikeluarkan cairan lemak sebanyak 2000 cc (paling aman) hingga 5000 cc (bila dikerjakan oleh tenaga sangat ahli dengan peralatan lengkap.).

Setelah tindakan sedot lemak :
- pasien harus memakai bebat khusus yg elastis pada daerah yg disedot lemaknya guna mencegah terjadi perdarahan bawah kulit,
- melaksanakan diet khusus bagi dirinya yang telah direncanakan oleh dokter ahli gizi, dan -berolahraga dibawah pengawasan ahli dibidang olahraga/dokter olahraga.

Lemak yang telah disedot, dapat ditanamkan kembali pada bagian tubuh yang memerlukan lemak sehingga lebih estetis dipandang mata misalnya dapat dimasukkan kebagian tubuh di daerah payudara untuk membesarkannya, atau dimasukkan didaerah pipi, dagu atau pada daerah pantat pasien tersebut agar daerah tersebut lebih estetis. Karena berasal dari tubuh orang yang sama, dijamin tubuh tak akan menimbulkan reaksi penolakan lemak yang dimasukkan kembali kedalam tubuh orang tersebut. Reaksi penolakan terjadi bila lemak yang dimasukkan berasal dari orang lain.

MAU LIHAT salah satu video yang melakukan Liposuction ???

buka aja link ini : Liposuction

Foto-foto ini adalah salah satu hasil dari Liposuction..



woow...dagu aja bisa disedot lemak nya yah !!!

Apa yg terjadi setelah sedot lemak dilakukan ???

-Rasa lapar pada pasien sedot lemak akan berkurang, namun tetap perlu ahli gizi yang bertugas untuk mempertahankan jumlah lemak yang ada.
-Selain itu kulit tidak akan mengendur asal pasien mengikuti program standar olehraga yang telah disiapkan oleh ahlinya.
-Usia juga mempengaruhi bentuk akhir tubuh, karena itu sedot lemak dapat dilaksanakan pada usia 20 tahun hingga 60 tahun dengan catatan akan lebih baik dilakukan pada usia dibawah 45 tahun.

Gimana dengan Efek buruk yg bisa terjadi ???

Hati-hati !!! ...Sedot lemak memiliki resiko kematian yang tinggi bila dilakukan secara berlebihan

-mulai dari kulit menghitam atau berkerut

-saat sedot lemak....bukan hanya lemak yang akan keluar, tetapi juga darah, karenanya dapat menimbulkan trauma (bocornya pembuluh darah),, sampai terjadi pendarahan dan pembekuan darah yang dapat mematikan !!! Efek ini muncul sering kali dikarenakan dokter tidak mematuhi aturan sedot lemak, sebagai contoh : menyedot lemak terlalu banyak, operasi dilakukan di berbagai bagian tubuh dalam jumlah yang terlalu banyak dalam waktu bersamaan.

Hati-hati lohh bagi kalian yg punya kriteria seperti ini !!! sebaiknya jangan melakukan Liposuction !!

Penderita diabetes dapat melakukan sedot lemak asalkan terkontrol gula darahnya. Tapi biasanya pada penderita diabetes yang overweight solusinya bukan dengan sedot lemak tapi dengan diet

Penderita jantung sebaiknya tidak melakukan sedot lemak, karena dengan pembiusan sirkulasi darah dapat terganggu.

So...mau gak melakukan sedot lemak ??? Yang penting dari semua ini adalah kembali ke diri kalian (niat kalian untuk melakukan sesuatu) Kalo niatnya untuk kesehatan...yaa minta doa-lah kepada Allah swt agar perjalanan operasi Liposuction dapat berhasil dan efek nya gak terjadi pada kalian (Amin...)

tetapi...ingatlah...

Tidak ada wanita/pria yang tidak cantik/tampan...sebab semua ciptaan ALLAH SWT adalah BAIK !!! Firman Allah swt dalam QS.45 : 4 " Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya"...

Jadi kawan-kawan...sebaiknya penampilan fisik dan penampilan jiwa harus seimbang yah...walaupun Gemuk/kurus/cacat, tetapi jika qt selalu mensyukuri nikmat Allah swt..Insya Allah wajah dan seluruh tubuh qt akan disinari cahaya surga...sehingga tampak cantik/tampan ..hehehe..Amin ya robbil alamin

sumber : www.yastroki.or.id (yayasan stroke Indonesia)

by nini adiany

1 comments:

sedot wc mengatakan...

makasih banyak yah

Posting Komentar

...thank you for the comment...

nhini.imud.ndud.qiyut

nhini.imud.ndud.qiyut