English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Sabtu, 01 Desember 2012

Teknik Fotografi Arsitektur

Hey guys, gue pengen berbagi beberapa tips dari teknik motret  dalam bidang arsitektur fotografi. Sebenarnya bidang fotografi ini luas, ada Arsitektur interior, exterior, details. Tapi secara umum, kalian bisa berkreasi dengan memotret gedung maupun abstrak dari suatu bangunan dengan tips berikut ini.

Rules #1
OBJEK = IDE = KREASI.
Dalam memotret, kalian harus cukup cepat dalam menilai suatu kesempatan untuk memotret, artinya, jika kalian melihat suatu moment, JEPRETLAH.. baik itu moment kegiatan manusia, apalagi dalam bidang arsitektur. Kalian harus cukup tajam melihat Objek bangunan maupun abstrak bangunan untuk dijepret, karena dengan tajamnya penglihatan kalian melihat moment tersebut, maka secara tidak langsung ide kreasi dalam foto kalian akan muncul.

Contoh foto dengan ide "separuh bangunan"
  Foto bangunan Swissbel-in Hotel Bandung - photo by. Noorahmah Adiany

Rules #2
CAHAYA
Cahaya sangat penting dalam foto arsitektur. Cahaya matahari maupun cahaya buatan (misalnya memakai flash, maupun senter) sangat menunjang efek shadow maupun arsitektural dari foto. Pada foto bangunan maupun cityscape kalian bisa menggunakan cahaya alami (matahari). INGAT ! Cahaya matahari yang baik digunakan dalam teknik lighting fotografi adalah pada jam 6-9 pagi dan jam 3-6 sore.

Contoh foto Cityscape pada jam 7 pagi
Cityscape at Manila, Phippines - photo by. Noorahmah Adiany

Contoh foto Cityscape jam 3 sore
Hongkong's Hill at Victoria Peak, Hongkong - photo by. Noorahmah Adiany

Pada foto arsitektur interior, biasanya menggunakan cahaya buatan, baik cahaya dari flash maupun cahaya yang berasal dari bangunan itu sendiri.

Butterfly at Trans Mall, Makassar - photo by. Noorahmah Adiany
 Rules #3
KOMPOSISI
Penggunaan komposisi dan detail sangat penting di dalam bidang fotografi ini. Kalian dapat menggabungkan beberapa bentuk untuk lebih menonjolkan detail dari suatu abstrak bangunan. Sebaiknya foto jangan Over exposure, karena hal tersebut dapat menghilangkan detail bangunan dari foto.

Atap Karebosi - photo by. Noorahmah Adiany
Architecture Details of Zig-Zag Lines from Trans Mall, Makassar -photo by.Nini Adiany

Berilah kesan yang dramatis pada foto agar foto tersebut menjual, karena foto interior dan arsitektur cenderung ke komersil. Jepretlah bangunan dengan kesan warna-warninya, agar foto terkesan dramatis.


Photo at Macau - photo by. Noorahmah Adiany

Selain dari kesan warna-warninya, untuk lebih memberikan kesan dramatis pada foto, kalian bisa juga menggunakan multiple shoot penggabungan foto, memberikan efek mirror agar abstrak dari detail arsitektur terlihat, dan tentu saja dengan teknik pencahayaan yang tepat
 Contoh Architecture Details yang menggunakan efek Mirror atau Reflection


       Photo by Noorahmah Adiany


Rules #3
Penggunaan Lensa
Sebaiknya gunakan lensa wide, tapi gunakan yang tidak distorsi. agar tidak membuat foto tidak rusak karena distorsi yang dihasilkan


Hongkong - photo by. Noorahmah Adiany

Rules #4
ANGLE LOW !
Ambilah angle paling bawah agar bangunan yang kalian jepret dapat terlihat menjulang tinggi, agar terlihat lebih dramatis !



Photo by. Noorahmah Adiany


Rules #5
ABSTRAK = ARSITEKTUR = DRAMATIS !
Foto Arsitektur erat hubungannya dengan foto abstrak. Kalian dapat menciptakan imajinasi kalian hanya dengan melihat, mengamati objek dari arsitekur tersebut. Umumnya pada foto abstrak, sering dikaitkan dengan foto architecture details. Jadi, kalian dapat menciptakan dari foto sederhana menjadi FANTASTIC

Contoh foto abstrak dari bangunan sebuah tangga

Contoh Foto atap yang bergaris-garis ini bisa disulap menjadi seperti foto dibawah ini dengan menambahkan efek rotasi saja.


Contoh foto lampu yang bisa menjadi sebuah foto "Bulan"


Contoh foto lampu yang memberikan kesan dramatis dari efek cahayanya

Contoh foto lapangan Bulutangkis yang dapat memberikan kesan dramatis dalam garis detailnya
 

Photo by Noorahmah Adiany
Rules #6
JANGAN TAKUT BERKREASI
Ambillah kameramu, baik kamera dari handphone maupun kamera digital ataupun kamera DSLR, dari media manapun kalian bisa menciptakan foto arsitektur yang menarik dengan imajinasi dan ketajaman penglihatanmu terhadap lingkungan sekitar ! Walaupun kamu berada dalam bus, tetap siapkan saja kameramu untuk menjepret hal hal yang tak terduga selama perjalanan kamu (tapi hal ini gak terlalu gue saranin karna dalam memotret Arsitektur, sebaiknya memakai tripod untuk membantu foto yang steady ! hehehe )

Contoh foto keadaan kota tua Manila, Filipina yang gue jepret disaat gue berada dalam bus. hehehe

SELAMAT MENCOBA DAN TETAPLAH BERKREASI MENCIPTAKAN FOTO DRAMATIS MELALUI KAMERA APA SAJA !! :)

mau lihat foto fotoku lainnya ? Visit this  :




0 comments:

Posting Komentar

...thank you for the comment...

nhini.imud.ndud.qiyut

nhini.imud.ndud.qiyut